Agar Saturasi Oksigen Naik, Lakukan Teknik Proning seperti Berikut Ini

loading...
Agar Saturasi Oksigen Naik, Lakukan Teknik Proning seperti Berikut Ini
Ketika saturasi di bawah 95 atau 92 persen, maka seseorang sudah harus mendapatkan alat bantu napas yaitu tabung oksigen. / Foto: The Scientist
JAKARTA - Ketersediaan tabung oksigen semakin menipis. Padahal, ini amat penting buat mereka yang membutuhkan tambahan oksigen karena saturasinya sangat rendah.

Baca juga: Jedar dan 2 Mama Muda Joget Cantik, Netizen: Charlie Angel versi Indonesia

Ya, normalnya saturasi oksigen itu ada di level 95-100%. Ketika saturasi di bawah 95 atau 92 persen, maka seseorang sudah harus mendapatkan alat bantu napas yaitu tabung oksigen.

Jika Anda sulit menemukan tabung oksigen, namun saturasi masih di level yang belum terlalu parah, sekitar 94 hingga 92 persen, maka Anda bisa lakukan teknik proning.

Sebelumnya, bagaimana Anda tahu saturasi oksigen dalam darah di level yang cukup mengkhawatirkan?

Anda bisa mengetahuinya cukup dengan menggunakan alat bantu medis bernama oksimeter. Alat tersebut akan membaca kadar saturasi oksigen dalam darah, termasuk denyut nadi Anda.



Nah, jika angkanya menunjuk di bawah 94, maka teknik proning bisa dilakukan. Seperti apa dan bagaimana cara melakukannya? Dilansir dari keterangan resmi Kementerian Kesehatan di Instagram, ada 3 cara untuk melakukan teknik proning.

1. Posisi pertama

Berbaring di atas perut dalam 30 menit (dengan kata lain Anda tidur tengkurap). Disarankan untuk menggunakan alas dan bantal di bawah leher, pinggul, dan kaki.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top