Ornamen Header
Bersaing dengan 35 Tim Dunia, Mahasiswa UI Raih Juara di Lomba Konstruksi Internasional
Bersaing dengan 35 Tim Dunia, Mahasiswa UI Raih Juara di Lomba Konstruksi Internasional
Empat mahasiswa FTUI berhasil meraih runner-up pada ajang The Chartered Institute of Building (CIOB) Global Student Challenge 2021. Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Empat mahasiswa Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (FTUI) angkatan 2017 berhasil meraih runner-up pada ajang The Chartered Institute of Building (CIOB) Global Student Challenge 2021.

Acara ini diselenggarakan secara daring oleh The Chartered Institute of Building (UK) dan diikuti oleh 35 tim dari seluruh dunia. CIOB Global Student Challenge 2021 merupakan lomba inovasi bidang konstruksi tingkat internasional yang mengusung tema Online Construction Business Game.

Baca juga: Beasiswa BRI Peduli-Creation 2021 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Harsa Bayanaka tersebut adalah Alfi Rizka Thoriq, Satria Adipradana, Annisa Luthfia, dan Al-Zahra Aisha Namira, di bawah bimbingan dosen Departemen Teknik Sipil FTUI, Dr. Rossy Armyn, S.T., M.T.

Pada tahap pre-competition yang dimulai pada 15 Maret 2021, setiap tim mengikuti trial sessions. Selanjutnya, pada babak penyisihan yang diselenggarakan pada 14 April – 25 Mei 2021, seluruh tim bertanding sebanyak 6 ronde untuk mendapatkan posisi Top 6.

Pada tahap final, hanya 6 tim terpilih yang kemudian dapat mengikuti The Global Student Challenge Final. Pembacaan pemenang yang seharusnya dilaksanakan di Sydney, Australia, akhirnya dilaksanakan secara daring di mana Tim Harsa Bayanaka terpilih sebagai runner-up.



Baca juga: Musa Izzanardi Wijanarko Wisudawan Termuda ITB, Lulus di Usia 18 Tahun

Satria menjelaskan, ada enam tahapan awal di babak pre-competition. Setiap tim akan dinilai setiap minggunya berdasarkan Key Performance Indicators, termasuk rasio laba kotor terhadap perputaran, rasio laba operasi terhadap perputaran, nilai perusahaan, harga saham, dan kepuasan klien.

Nilai akhir kemudian menentukan posisi tim dengan peringkat kompetisi secara keseluruhan sebelum akhirnya dipilih enam tim teratas yang menjadi finalis. Dengan berkompetisi di CIOB Global Student Challenge sangat menambah pengalaman kami dalam bidang manajemen konstruksi.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!